facebook pixel
TEKNOLOGI PERTANIAN - SEIKET DIGITAL CREATIVE

Teknologi Pertanian : Fungsi , Manfaat serta Contoh

Teknovidia.com – Teknologi Pertanian modern serta operasi pertanian sangat berbeda dari sebagian dekade yang lalu, terlebih karna kemajuan teknologi termasuk sensor, fitur, mesin, serta teknologi data. Pertanian dikala ini secara teratur memakai teknologi mutahir semacam robot, sensor temperatur serta kelembaban, citra udara, serta teknologi GPS.

Fitur mutahir serta pertanian presisi dan sistem robotika ini memungkinkan pertanian untuk tingkatkan profitabilitas, efisiensi, keamanan, serta ramah area.

Pentingnya teknologi pertanian

Petani tidak lagi mesti menyemprotkan air, pupuk serta pestisida secara menyeluruh ke seluruh lahan mereka. Sebagai gantinya, Kamu bisa memakai jumlah minimum yang diperlukan serta menargetkan zona yang sangat khusus ataupun memperlakukan tiap- tiap tanaman secara berbeda.

TEKNOLOGI PERTANIAN

Manfaat teknologi bidang pertanian meliputi:

  • Produktivitas tumbuhan yang lebih tinggi
  • Pengurangan pemakaian air, pupuk serta pestisida, menyebabkan harga pangan lebih rendah
  • Kurangi imbas pada ekosistem alam
  • Kurangi limpasan bahan kimia ke sungai serta air tanah
  • Tingkatkan keselamatan pekerja

Teknologi robotik pula memungkinkan pemantauan serta pengelolaan sumber energi alam yang lebih andal semacam kualitas udara serta air. Ini juga berikan produsen kontrol yang lebih besar atas produksi, pemrosesan, distribusi serta penyimpanan tumbuhan serta hewan, yang menciptakan:

  • Efisiensi yang lebih besar serta anggaran yang lebih rendah
  • Keadaan perkembangan yang lebih nyaman serta hidangan yang lebih aman
  • Pengurangan imbas lingkungan serta ekologi

Contoh teknologi pertanian yang cocok

Teknologi tepat guna adalah teknologi yang memenuhi kebutuhan kegiatan skala kecil. Ini adalah pendekatan yang berfokus pada masyarakat lokal dan sesuai dengan masalah yang diidentifikasi oleh mereka.

Solusi yang diberikan harus mengatasi masalah ini terkait dengan kebutuhan petani miskin dan sumber daya alam yang terbatas.

Secara sederhana, teknologi tepat guna adalah pendekatan berdasarkan solusi terukur dan berkelanjutan yang meningkatkan penghidupan petani kecil dan melindungi lingkungan. Mari kita lihat beberapa contoh solusi ini.

Teknologi ekologi pertanian

Teknologi pertanian penting di negara-negara dunia . Pendekatan ini memungkinkan petani untuk berkontribusi pada industri pertanian dengan mengintegrasikan sumber daya alam. Petani, misalnya, menggunakan residu organik sebagai pupuk tanah.

Metode berdasarkan teknologi agroekologi memungkinkan petani untuk mendapatkan keuntungan dari inovasi dalam produksi pangan massal ini. Pemanenan air, amandemen tanah, atau penghilangan residu pestisida mungkin tidak semenarik beberapa teknologi yang lebih maju. Namun, ini adalah perubahan untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia sebaik-baiknya.

Teknologi berbasis riset

Ketika berbicara tentang teknologi pertanian berbasis penelitian, contoh pertama yang terlintas dalam pikiran adalah revolusi hijau. Serangkaian inisiatif penelitian dan transfer teknologi yang telah meningkatkan produktivitas pertanian di seluruh dunia selama bertahun-tahun.

Revolusi Hijau telah menghasilkan adopsi teknologi baru dan pendekatan ilmiah modern untuk pertanian. Revolusi juga memainkan peran penting dalam keberlanjutan dunia kita karena telah menyelamatkan jutaan hektar hutan.

Pemrosesan dan penyimpanan makanan

Contoh lain dari teknologi pertanian tepat guna adalah pengawetan makanan dan pengolahan pascapanen. Banyak petani tidak memiliki kemungkinan untuk menyimpan produk mereka, memaksa mereka untuk menjualnya segera setelah panen. Kemunduran besar di sini adalah harga berada pada titik terendah pada saat itu.

sehingga tidak ada peluang untuk memperoleh penghasilan besar. Untungnya, ada beberapa solusi, seperti praktik penelitian yang aman yang dikembangkan untuk meningkatkan daya tahan dan nutrisi produk.

Sumber energi alternatif

Listrik tetap menjadi masalah utama bagi masyarakat miskin dan pedesaan. Energi alternatif adalah contoh yang sangat baik dari solusi yang tepat untuk masalah ini. Memanfaatkan sumber energi terbarukan seperti angin dan matahari dapat menjadi cara yang efektif dan berkelanjutan untuk membantu petani meningkatkan produktivitas mereka dan melindungi lingkungan.

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan teknologi lain yang dapat meningkatkan taraf hidup petani .

Misalnya, di desa orang-orang berinvestasi pada ponsel dan kemudian meminjamkan ‘waktu bicara’ ke tetangga mereka, sebagai imbalannya mendapatkan harga panen yang lebih tinggi dengan kemungkinan menyediakan informasi pasar secara real-time.

Petani menggunakan Internet untuk memantau prakiraan cuaca atau berkomunikasi langsung dengan pelanggan.

Akhir Kata

Artikel diaatas membahas tentang manfaat , fungsi dan contoh teknologi pertanian , semoga artikel ini dapat membantu , terimkasih .

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *