facebook pixel

Perbedaan Antara RAM DDR2 dan DDR3

Perbedaan Antara DDR2 Dan DDR3 – Hemmmmm, gimana nih liburanya pasti menyenagkan bukan. kalo ane sih seneng banget wkwkwkwkw, karena liburn kali ini penuh dengan aktivitas bermain game PC, tetapi ada sedihnya juga, karena ada beberapa game yang tidak mau jalan / macet karena RAM ane kurang :(. Pasti kalian tahu dong apa itu RAM, ya benar sekali RAM merupakan salah satu bagian dari komputer. RAM ini memeiliki berbagai macam karena perkembangan teknologi. Nah kali ini saya akan membahas perbedaan antara RAM DDR2 dan DDR3. Cepat atau lambat performa perangkat ditentukan oleh jenis dan ukuran memori yang terpasang, semakin besar ukuran memori maka semakin baik. Perkembangan teknologi perangkat keras yang terus maju membuat DDR terbagi menjadi beberapa generasi. Dimanakah letak perbedaan DDR2 dan DDR3?


DDR2
Ini adalah kelanjutan generasi pertama (DDR1) yang mempunyai perbedaan pada BUS. Artinya, Bus pada memori memiliki kemampuan dua kali lebih cepat daripada kecepatan sel memori. Setiap sel memori mampu memuat data lebih banyak atau sekitar dua kali lipat. Contoh, sel memori DDR2 sanggup memuat sebanyak 4 words data dalam satu kali clock sedangkan DDR1 hanya sanggup memuat setengahnya atau 2 words data dalam satu kali clock.

Adapun rentang clock memori DDR2 mulai dari 100MHz – 266MHz. Perangkat hardware ini terbagi menjadi beberapa tipe mulai dari yang terendah hingga tertinggi; DDR2-400, DDR2-533, DDR2-667, DDR2-800 dan DDR2-1066. Sementara frekuensi transfer yang tersedia antara rentang 400 hingga 1966 MHz. Sementara itu jenis chip yang digunakan ialah Ball Grid Away (BGA) dan memiliki 240 buah pin.

Dimanakah perbedaan DDR2 dan DDR3? Coba perhatikan posisi notch yang terletak pada konektor slot memori atau golden finger. Posisinya tampak sedikit ke arah tengah, berbeda dari DDR1 yang condong ke arah kanan dan DDR3 yang condong ke arah kiri. Pemakaian jenis memori ini cenderung berkurang seiring kehadiran generasi penerus.

DDR3
Ini adalah kelanjutan generasi kedua (DDR2) yang fokus pada efisiensi, bukan trigger ataupun clock cycle. Teknologi memori ini mengusung Fly-by Command Address Control Bus With On-DIMM Termination dan High Precision Calibration Resistors sehingga disertai fitur Read-Write Calibration. Memori DDR3 disokong clock yang tak jauh berbeda dari DDR2, yakni 100MHz – 266MHz.

Perbedaan DDR2 dan DDR3 terletak pada frekuensi transfer yang lebih tinggi. DDR3 sanggup mencapai 2133MHz, sedangkan DDR2 hanya mencapai 1966 MHz. Efisiensi terletak pada penghematan voltase yang hanya 1.5v sedangkan DDR2 membutuhkan voltase sebesar 1.8v. Faktor pembeda lainnya yaitu posisi notch yang condong ke arah kiri.

Kesimpulan


Perbedaan DDR2 dan DDR3 yang paling mencolok terletak pada posisi notch di konektor slot memori atau golden finger. Posisi notch DDR2 tampak sedikit ke arah tengah sedangkan posisi notch DDR3 lebih condong ke arah kiri. Lalu manakah yang lebih baik? Bila melihat penjabaran di atas maka generasi ketiga (DDR3) merupakan pilihan yang tepat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *