facebook pixel
FLASHDISK TIDAK TERBACA - SEIKET DIGITAL CREATIVE

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca serta Solusi Mengatasinya

teknovidia.com – Flashdisk Tidak Terbaca – Penyebab flash disk tidak terbaca adalah masalah yang biasa terjadi dan sangat mudah untuk diatasi. Flashdisk dapat lakukan penyimpanan data secara permanen walaupun catu daya ke Flashdisk dicabut dari port USB. Jadi jika kamu tidak membaca flash, pengguna kamu mungkin bingung.

Penyebab Flashdisk tak terbaca bisa disebabkan oleh masalah fisik cpontohnya tertular virus serta malware, dan bisa juga disebabkan oleh masalah terkait perangkat lunak. Bahkan untuk harga, flashdisk sekarang sudah murah sekali dan juga berfungsi untuk menyimpan bermacam file seperti data pekerjaan atau tugas perkuliahan.

Flashdisk merupakan perangkat penyimpanan data eksternal yang terhubung melalui port USB. Tapi tak jarang saat menggunakan flash disk, terdapat beberapa penyebab flash disk tak terbaca sehingga penggunanya cemas. Maka dari itu bagi yang masih memakai flashdisk harus mengetahui penyebab serta cara menangulanginya.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

FLASHDISK TIDAK TERBACA

1. Flashdisk yang palsu

Penyebab flash disk tidak bisa tebaca ialah flashdisk yang palsu. Produk flash yang saat ini tersebar dipasaran tak bisa terjamin asli atau tidaknya. Jadi, yang wajib dilakukan ialah memeriksa apakah konektor USB tak bengkok atau terdapat bagian yang hilang. Kamu juga harus berhati-hati memakai tusuk gigi atau kapas untuk memastikan konektor USB bebas dari kotoran.

2. Hubungkan USB ke port lain

Flash disk yang tidak terbaca dapat disebabkan oleh masalah perangkat keras pada port USB tertentu. Jadi kamu dapat mencoba menghubungkannya ke port USB lain di komputer kamu. Jika berfungsi pada port USB lain, kemungkinan besar masalahnya ada pada port USB. Kamu tidak perlu menggunakan hub USB untuk menyambungkan drive.

3. Format USB

Drive USB yang diformat di Mac menggunakan sistem file APFS atau HFS+ Apple dan tidak dapat dibaca saat terhubung ke komputer Windows. Namun, ada aplikasi pihak ketiga seperti UFS Explorer yang memungkinkan Windows membaca drive USB berformat Mac. Jika drive USB dibuat di komputer dengan sistem bit yang berbeda (misalnya 32-bit atau 64-bit), USB hanya dapat bekerja di komputer dengan sistem bit yang sama.

3. Virus dan Malware

Salah satu penyebab flashdisk tidak bisa dibaca oleh komputer umumnya disebabkan oleh virus serta malware. Kondisi tersebut juga terpicu karena flashdisk yang tersambung secara bergantian yang sering. Untuk mengatasi kondisi seperti ini, kamu bisa hapus semua virus itu dengan bantuan aplikasi antivirus.

4. Motherboard komputer

Terkadang penyebabnya biasanya motherboard di komputer itu sendiri. Jadi reboot penuh akan membuat flash dapat dibaca. Untuk melakukan ini, kamu wajib matikan dan cabut komputer kamu. Ini menghilangkan daya siaga dari motherboard, jadi biarkan selama sekian menit, lalu hubungkan lagi ke komputer kemudian hidupkan kembali. Periksa apakah drive USB sudah bisa dibaca. Jika kamu tak bisa membacanya, kamu mungkin butuh perbaruan driver USB atau memformat ulang drive USB.

5. Port USB berantakan

Penyebab selanjutnya seringkali karena port USB atau konektor yang berkerak atau kotor. Penyebab seperti ini cenderung terjadi saat kamu mempunyai kebiasaan meninggalkan Flashdisk di tempat yang tidak bersih alias kotor hingga debu masuk ke port USB. Debu tersebut akan membuat konektor tertutup dna mempengaruhi kerja Flashdisk dan benar-benar menyebabkan sistem sulit dibaca di PC.

6. Lepas Flashdisk Tanpa Eject

Jika kamu sering memakai USB di komputer dan punya kebiasaan cabut flashdisk tanpa mengeluarkannya dulu, flashdisk dapat mengganggu dan sulit untuk dibaca. Padahal, kebiasaan melepas flashdisk tanpa mengeluarkan (eject) atau melepas removable disk terlebih dahulu bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Cara Atasi Flashdisk Tidak Terbaca

1. Instal ulang driver USB

Melakukan instal ulang, cuman bisa dilakukan pada driver USB dan Windows untuk memperbaiki masalah pada driver USB. Di bawah ini caranya :

  • Klick kanan dimenu Windows.
  • Klick Pengelolaan Perangkat.
  • Scroll kebawah lalu klick dua kali Universal Serial Bus Controllers.
  • Klick kanan tiap driver lalu klick Uninstall device.
  • Untuk instal ulang driver lakukan restart komputer.

2. Reset SMC (khusus Mac)

Kalau kamu memakai Mac, mungkin bisa perbaiki beberapa problem USB dengan lakukan atur ulang Pengontrol Manajemen Sistem (SMC) dengan mengikuti tahapan berikut:

  • Matikanlah Mac kamu lalu copot kabel daya / baterai.
  • Pencet kemudian tahan tombol daya 15 detik. Untuk Macbook yang memakai baterai tanam, pencet dan tahan “Shift + Control + Option + Power” selama 15 detik.
  • Kalau kamu mengatur ulang NVRAM, NVRAM (Memori Akses Acak Non-Volatile) Mac akan berisikan banyak informasi USB.
  • Matikanlah lalu restart perangkat Mac kamu dan dengan cepat tekan “Command + Option + P + R” secara berbarengan untuk melakukan reset NVRAM yang bisa membenahi masalah USB.
  • Lepaskanlah tombol tersebut setika ada suara bel mulai.

Sekian pembahasan tentang penyebab dan cara menangani Flashdisk Tidak Terbaca pada perangkat PC atau laptop kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semuanya. Selamat mencoba!