facebook pixel
CARA MENGATASI HP ANDROID KENA AIR - SEIKET DIGITAL CREATIVE

Jangan Panik! Inilah Cara Mengatasi HP Android Kena Air

teknovidia.com – Cara Mengatasi HP Android Kena Air – Air merupkan musuh utama dari bermacam barang elektronik, salah satunya Hp. Kalau air masuk kedalam Hp anda, bisa menyebabkan kerusakan komponen internal. Akibatnya, Hp tidak berfungsi dengan semestinya atau bahkan bisa mati total.

Tapi kalau hp anda terkena air hujan, jatuh di tempat yang berair, ataupun tertumpah sesuatu maka jangan panik. Jika ditangani dengan cara yang cepat dan tepat, hp anda tetap bisa digunakan dan bisa selamat dari kerusakan total.

Dibawah ini merupakan tips dan cara yang dapat anda terapkan demi menyelamatkan hp dari musuhnya yaitu air. Yuk simak penjelasannya!

Cara Mengatasi HP Android Kena Air

CARA MENGATASI HP ANDROID KENA AIR

1. Segera jauhkan Hp dari air

Kalau HP jatuh ke genangan yang ada air, pertama yang harus dilakukan ialah mengangkatnya dari air tersebut. Mengapa kok bisa seperti itu? karena untuk menghambat makin banyaknya air yang masuk ke komponen internal melewati celah kecil dari hp tersebut seperti tempat pengisian daya, speaker, atau earphone.

Kalau air tumpah ke hp, secepatnya jauhkan dari air. Kalau hp anda sedang mengisi daya ketika terkena air, wajib secepatnya lepas hp anda dari pengisi daya untuk meminimalisir risiko sengatan listrik.

2. Jangan langsung menyalakan ponsel anda

Jika air secara tidak sengaja masuk ke telepon anda, anda mungkin ingin menyalakannya dengan cepat untuk memastikannya masih berfungsi normal. Faktanya, kalau air masuk ke hp anda, hal itu dapat menyebabkan korsleting saat anda menghidupkannya, yang selanjutnya merusak ponsel anda bahkan bisa mati total alias rusak total.

Kalau HP dalam keadaan menyala ketika kena air, secepatnya matikan untuk hindari resiko kerusakan lebih lanjut atau lebih parah. Singkatnya, jangan nyalakan ponsel anda saat basah untuk mencegah kerusakan, matikan saja secepatnya.

3. Lepaskan baterai, kartu SIM, dan memori

Lepas komponen yang memungkinkan seperti kartu SIM, memori, serta baterai segera setelah ponsel anda terkena air. Hal ini untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen tersebut, dan supaya tidak rusak parah.

Selain itu, tak perlu menggoyangkan ponsel dikarenakan air dapat masuk ke komponen HP. Yang harus anda terapkan ialah melepas casing HP serta bagian lain yang bisa menjadi aliran air.

4. Keringkan dengan kain kering

Secepatnya dikeringkan semua bagian pada HP. Layar dan LCD adalah bagian pertama yang wajib sekali untuk segera dikeringkan. karena LCD adalah bagian yang paling ringkih dan lemah jika bertemu dengan air. Jika LCD kelamaan dibiarkan dalam keadaan lembab, maka akan menyebabkan bintik-bintik berwarna hitam mucul dilayar hpo anda.

Cara paling baik dan paling gampang untuk lakukan pengeringan komponen HP ialah dengan lap yang kering (jangan lap yang basah). Setelah itu, hindari memaparkan ponsel anda ke sinar matahari secara langsung, karena ada potensi bisa merusak komponen pada HP, khususnya LCD.

5. Jangan keringkan ponsel anda dengan pengering rambut

Sebelumnya, direkomendasikan untuk keringkan ponsel dengan kain dan hindari ponsel dari paparan sinar matahari. Saat ini, di benak anda mungkin bertanya-tanya apakah anda bisa mengeringkan ponsel dengan pengering rambut, mengingat suhu pengering rambut yang tinggi dapat mengeringkan ponsel dengan cepat.

Namun ternyata mengeringkan ponsel dengan menggunakan alat pengering rambut atau hair dryer sangat dilarang atau sangat tidak disarankan. Pasalnya, suhu hair dryer sangat tinggi dan dapat dengan cepat meningkatkan suhu komponen kelistrikan ponsel sehingga malah bisa memperparah kerusakan yang dialami Hp anda.

6. Pengeringan dengan silica gel

Silica gel memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan dan juga bisa digunakan untuk mengeringkan hp yang basah karena kena air. Silica gel juga baik untuk elektronik karena dipercaya dapat mencegah kondensasi. Untuk mengeringkan HP basah, cukup taruh saja di tumpukan gel silika yang banyak. Biarkan komponen HP benar-benar kering selama 2-3 hari sebelum menyalakannya.


Sekian penjelasan tentang Cara Mengatasi HP Android Kena Air. Jadi lain kali ponsel anda basah, anda tidak perlu panik. Semoga mempraktikkan tips ini akan membuat ponsel anda kembali berfungsi normal.

Komentar ditutup.