facebook pixel
CARA MEMBEDAKAN POWER BANK ASLI DAN PALSU - SEIKET DIGITAL CREATIVE

Cara Membedakan Power Bank Asli dan Palsu, Cermati!

teknovidia.com – Cara Membedakan Power Bank Asli dan Palsu – Power bank jadi barang yang diperlukan sekali sekarang ini karena dapat memberi bantuan setiap orang untuk tetap bisa menggunakan ponsel pintar mereka. Wajar saja kalau banyak vendor jual power bank.

Sebagai contoh, banyak toko online yang memounyai banyak Power Bank yang dijual oleh bermacam merk dengan kapasitas yang beda. Power bankdengan segala merk mempunyai varian kapasitas dari 5000mAh sampai 20000mAh.

Pengguna yang memperlukan Power Bank dapat pilih bermacam varian kapasitas serta merk yang pas serta cocok dengan kebutuhannya. Tapi, apa pun Power Bank yang dipilih, yang terbaik ialah Power Bank yang asli atau original.

Mengapa seperti itu? Ternyata tidak sedikit power bank palsu yang tersebar dipasaran. Salah satu contoh Power Bank yang dipalsu adalah Power Bank merk Xiaomi. Wajar jika produk Xiaomi selalu memiliki KW palsu mengingat merek Xiaomi sangat populer berkat ponsel murahnya.

Tidak hanya baterai cadangan dari Xiaomi, tetapi juga baterai cadangan dari merek besar lainnya juga menjual versi palsu. Hal ini membutuhkan pertimbangan yang matang sebelum pilih Power Bank. Pertama, yang terbaik adalah memahami dulu karakteristik Power Bank asli dan Power Bank palsu.

Bingung ya gimana cara bedakannya? Dibawah ini adalah 7 hal penting yang bisa dijadikan patokan.

Cara Membedakan Power Bank Asli dan Palsu

1. Kenali bentuknya

Power Bank palsu yang beredar umumnya merupakan powerbank dari merk terkenal, namun memiliki bentuk sedikit berbeda. Ada Power Bank palsu yang mempunyai tampilan hampir sama. Tapi ketika dilihat lebih dekat akan tampak jelas perbedaannya.

Karena ada banyak sekali varian power bank, pertama-tama kamu perlu tahu power bank dari bermacam merk terkenal. Jangan pilih power bank dari merk asing didengar serta belum teruji. Kalaupun berbeda merk, merk tak populer dan harganya murah, bisa saja power bank itu ialah power bank palsu.

2. Harga dan kapasitas “seimbang”

Ini merupakan pembeda terjelas untuk tentukan apakah power bank itu asli atau palsu. Periksa kapasitas power bank. Jika aki penolong memiliki kapasitas yang besar namun harga jualnya murah, maka sudah jelas power bank itu palsu.

Misalnya, baterai cadangan dengan kapasitas 10050 mAh dijual seharga 100.000 atau 50.000. Padahal rata-rata power bank berkapasitas 10.000 mAh ini terjual lebih dari 200.000 unit.

Kalau produk power bank merk terkenal memiliki kapasitas besar namun harga jual yang murah, maka aki penolong sudah pasti palsu.

3. Kualitas baterai

Kamu wajib periksa baterai yang tertanam pada power bank. Jika kamu ingin memastikan itu asli, yang terbaik adalah lakukan pemeriksaan apakah baterai yang kamu pakai itu palsu atau original.

Semisal, power bank Doca memakai baterai sel Kelas A. Baterai tipe ini mempunyai kwalitas yang bagus. Contoh lainnya, baterai pada power bank asli Xiaomi ialah baterai asli dari Samsung atau LG. Baterai memiliki serial number, jenis dan tulis LG atau Samsung.

Power bank palsu tak memakai baterai yang punya kualitas baik. Tidak ada sumber serta nomor seri baterai yang terpasang di power bank Xiaomi. Baterai kadang-kadang mengembang dengan cepat dan dengan cepat merusak baterai tambahan.

4. Berat Power Bank

Cara paling gampang untuk mengetahui apakah Power bank palsu atau tidak ialah dengan mengetahui beratnya. Sebagai referensi, makin besar power bank, makin besar pula kapasitas power bank itu.

Biasanya, baterai tambahan dengan kapasitas 10.400 mAh mempunyai bobot sekitar 175-200 g, dan baterai sekunder dengan kapasitas sekitar 20.000 mAh mempunyai bobot antara 400 dan 500 g.

Kalau kamu cari power bank dengan kapasitas 20.000mAh atau lebih, namun ringan dan bentuknya kecil, jelas bahwa baterai tambahan adalah power bank palsu.

Beberapa merk menyertakan logo yang awalnya disertakan pada power bank dibagian atas bodi, biasanya menggunakan warna yang lebih cerah dan lebih hidup. Untuk power bank palsu umumnya memiliki logo yang lebih blur. Sebelum kamu beli power bank, periksa dulu logo yang tertempel pada power bank.

6. Build quality

Power bank yang palsu umumnya mempunyai build quality yang lebih rendah dan tidak terlalu kokoh. Biasanya powerbank palsu gunakan build quality yang buruk serta ceroboh. Bukan seperti membangun power bank berkualitas dari merk terkenal yang tampak mahal serta berkelas.

Contoh power bank dengan build quality yang bagus adalah Samsung yang mempunyai harga Rp300.000 atau lebih. Ada juga power bank Anker yang cukup mahal karena build qualityyang diberikan cukup baik.

7. Uji kekuatan

Cara bedakan antara power bank asli dan palsu bisa diterapkan melalui tes power bank. Power Bank asli umumnya dengan cepat mengisi daya ponsel pintar berdasarkan output ampere.

Power bank palsu membuuhkan waktu yang lama untuk isi daya meskipun outputnya berbeda. Selain itu, ketika diuji, power bank palsu umumnya nyalakan lampu indikator dan mengisi daya (direct charge) langsung ke power bank.


Berikut Cara Membedakan Power Bank Asli dan Palsu. Kami harap ini bisa membantu sebelum kamu benar-benar membeli Power Bank. Semoga bermanfaat dan terima kasih!

1 komentar untuk “Cara Membedakan Power Bank Asli dan Palsu, Cermati!”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *