facebook pixel
KESALAHAN PENGGUNA MACBOOK - SEIKET DIGITAL CREATIVE

Berikut 7 Kesalahan Pengguna MacBook, Bikin Gak Awet!

teknovidia.com – Kesalahan Pengguna MacBook – Membeli MacBook pertama kalinya pasti akan terasa senangnya yang luar biasa. MacBook merupakan laptop dengan desain khusus dan fitur khusus. Namun sayang, tidak sedikit pemilik pemila yang menggunakan MacBook tanpa sadar lakukan kesalahan yang berimbas pada merusak MacBook mereka dengan cepat.

Bahkan, anda mungkin sering melakukan kesalahan ini tanpa menyadarinya. Jadi, sebelum terlambat, anda dapat pahami kesalahan apas saja yang dilakukan para pengguna MacBook di sini dan segera memecahkannya.

7 Kesalahan Pengguna MacBook

KESALAHAN PENGGUNA MACBOOK

1. Tidak menawarkan perlindungan fisik

Bodi MacBook terbikin dari aluminium yang kuat dan cantik. Tapi, aluminium bisa terdistorsi ketika terbentur ataupun  terjatuh, yang merusak penampilannya. Juga, perbaikan ini cukup mahal.

Sayang sekali banyak pemilik buat kesalahan dengan tidak menjaga fisik MacBook mereka. Untuk menjaga dan melindungi MacBook anda secara fisik, anda harus menyediakan casing, pelindung layar, silicon keyboard, dan bahkan penutup debu. Selain itu, jangan sampai lupa juga untuk membersihkannya secara rutin. Ini karena debu yang menumpuk pada keyboard serta ventilasi bisa pengaruhi kinerja MacBook.

2. Selalu terhubung ke pengisi daya

Mengisi daya MacBook anda secara rutin mungkin tidak terlalu membebani baterai. Namun, membiarkannya terhubung ke pengisi daya sepanjang waktu akan memengaruhi kapasitas pengisian daya secara keseluruhan. Ini berarti bahwa jika MacBook anda biasanya bertahan sekitar 12 jam, membiarkan MacBook anda tetap terhubung akan mempersingkat masa pakainya.

Demikian juga jika anda mengosongkan baterai sepenuhnya sebelum menghubungkannya ke pengisi daya. Ini akan cepat merusak baterai. Tindakan terbaik di sini adalah menjaga baterai MacBook anda antara 20-80%.

3. Terlalu Sering Dimatikan

Banyak pemilik MacBook pemula sering mematikan perangkatnya karena menurut mereka membiarkannya terlalu lama akan cepat merusaknya. Lebih baik menidurkan MacBook saat tidak digunakan daripada sering mematikannya. Inilah alasannya.

  • MacBook tidak mogok dalam mode tidur karena MacBook yang lebih baru menggunakan SSD daripada HDD.
  • Mode shutdown tidak menghemat lebih banyak energi dibandingkan dengan mode tidur.
  • Dalam mode tidur, semua data yang diproses disinkronkan dan dicadangkan.
  • Mengalihkan MacBook ke mode tidur membuat aktivitas anda lebih mudah karena anda tidak perlu menunggu MacBook melakukan boot saat anda menyalakannya, dan Anda tidak perlu membuka satu aplikasi setiap kali menggunakan MacBook.

4. Memakai pengisi daya pihak ketiga

Pengisi daya pihak ketiga seringkali dijual dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan pengisi daya Apple yang asli. Akan tetapi, ada beberapa risiko yang membayangi saat memakai pengisi daya MacBook pihak ketiga.

  • Pengisi daya yang berkualitas buruk adalah bahaya kebakaran tinggi yang dapat berbahaya terhadap keselamatan MacBook, lingkungan, dan kehidupan anda.
  • Pengisi daya bisa jadi tak  punya fitur keselamatan yang sama dengan Aksesori Bersertifikat Apple.
  • Ini bisa memperlambat penggunaan MacBook anda.
  • Dalam kasus terburuk, MacBook anda dapat menyetrum anda.

Oleh karena itu, kalau pengisi daya asli anda rusak atau hilang entah kemana, sebaiknya ganti saja dengan pengisi daya asli Apple. Harga bisa lumayan mahal, namun memiliki kualitas yang terbaik dan lebih aman.

5. Terlalu banyak menginstal aplikasi pihak ketiga

Padahal, Apple tidak memberikan batasan pengguna untuk menginstal aplikasi pihak ketiga. Tapi tak boleh over karena berpotensi menurunkan kualitas kerja MacBook anda.

Misalnya, kalau anda seorang desainer, anda harus memasang aplikasi pihak ketiga contohnya Photoshop karena Apple tak punya aplikasi bawaan yang menyediakan fungsionalitas yang sama. Tapi kami tak menyarankan penginstalan aplikasi pihak ketiga yang punya fungsi serupa dengan aplikasi MacBook yang asli.

6. Tidak memakai aplikasi aslinya

Selain menginstal aplikasi pihak ketiga yang tidak terlalu dibutuhkan, banyak pemilik baru dari MacBook lupa untun memakai aplikasi yang aslinya. Apple selalu rutin merilis aplikasi baru yang lebih baik yang benar-benar bisa menjadi pengganti aplikasi pihak ketiga yang dibutuhkan.

Beberapa aplikasi asli Apple yaitu termasuk Safari, FaceTime, dan Apple Maps. Aplikasi asli ini pasti bisa gantikan aplikasi pihak ketiga yang terkenal lain contohnya Chrome dan Skype. User MacBook disarankan untuk tetap memakai aplikasi default agar baterai bisa kerja optimal.

7. Instal terlalu banyak antivirus

Aman dari virus adalah salah satu andalan Apple untuk menjual produknya. Maka dari itu tidak sedikit pengguna yang tidak memasang antivirus lain. macOS juga juga sertakan aplikasi dengan nama XProtect yang memberikan perlindungan MacBook anda dari malware, itu akan menghilangkan kebutuhan untuk memasang antivirus pihak ketiga.

Untuk alasan tersebut, pengguna MacBook tak boleh menginstal antivirus pihak ketiga. Juga, banyak aplikasi antivirus pihak ketiga yang mengancam perangkat MacBook secara nyata.


Sekian pembahasan singkat tentang apa saja Kesalahan Pengguna MacBook sehingga tidak awet. Dengan melakukan penghindaran semua kesalahan tersebit, anda akan memiliki MacBook anda bertahan lebih lama dan selalu memiliki performa puncak.