facebook pixel
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN GOOGLE DRIVE - SEIKET DIGITAL CREATIVE

Berikut 10 Kelebihan dan Kekurangan Google Drive, Yuk Baca!

teknovidia.com – Kelebihan dan Kekurangan Google Drive – Sekarang ini, pemakaian Google Drive untuk server cloud makin bertambah banyak diseluruh dunia. Walaupun terdapat banyak sekali server cloud lain yang juga bagus, namun pemakaian Google Drive tetap sangat banyak.

Selain itu, berkembangnya smartphone Android makin meningkatkan dengan kehadiran Google dikarenakan banyak orang memakainya. Kamu mungkin bertanya-tanya apa sih kelebihan dan kekurangan dari Google Drive ini. Supaya tahu, baca artikel dibawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN GOOGLE DRIVE

Kelebihan Google Drive

1. Sinkronisasi yang mudah

Dengan munculnyaAndroid sebagai salah satu sistem operasi di smartphone membuat Google dengan gampang pasarkan beberapa produk yang dibuat. Salah satunya ialah Google Drive. Sinkronisasi mudah membuat user bisa akses Google Drive dengan gampang sekali.

Kamu bisa masuk keakun Google untuk merasakan fitur Google Drive. Kamu juga nisa dengan gampang belajar cara menggunakan Google Drive diponsel.

2. Kapasitas memori cukup besar

Jika kamu memakai Google Drive versi yang gratis, kamu sudah memiliki memori untuk menyimpan file sampai 15 GB. Jumlah ini besar jika dibandingkan dengan ukuran memori cloud server. Untuk catatan, Drob box cuman memberikan penawaran penyimpanan gratis 2GB.

OneDrive cuman 7 GB. Kamu juga dapat menambah banyaknya memori yang diinginkan kalau ingin jadi anggota premium. Harga premium Google Driver didasarkan pada kebutuhan kamu.

3. Mampu menyimpan file dalam berbagai format

Keuntungan utama memakai Google Drive ialah kamu bisa menyimpan bermacam file dalam berbagai format. Itu bisa simpan file dokumen, foto, video, suara, dan bahkan file pengkodean. Ini berguna sekali untuk simpan bermcaam jenis data pada satu perangkat.

4. Dapat digunakan sebagai hosting situs web

Mungkin kelebihan yang satu ini unik untuk Google Drive. Google Drive tak cuman berfungsi untuk menyimpan file, namun juga bisa dipakai untuk situs web hosting. Komputasi awan didunia selalu berbayar, tapi kamu bisa memakainya dengan gratis di Google Drive. Ini sangat bermanfaat untuk pengembang web yang menghosting hasil kode.

5. Berbagi file dengan mudah.

Dengan Google Drive, kamu bisa dengan gampangnya berbagi file ke orang dengan mengirim tautan kepada mereka, atau memberikan undangan orang tertentu sehingga cuman orang tertentu saja yang bisa melihat dan mengedit file kamu.

Berbagi file bisa lebih mudah, terutama jika orang yang ingin kamu bagikan memiliki akun Google. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mempelajari cara membagikan file ke Google Drive dan cara membagikan tautan file ke Google Drive tanpa melalui email undangan.

6. Dapat digunakan sebagai cadangan data

Kamu juga dapat menggunakan Google Drive sebagai cadangan data otomatis. Misalnya, jika kamu mengambil gambar dengan handpone kamu, kamu bisa langsung mem-backup gambar yang kamu ambil memakai pengaturan di Google Drive.

Selain dapat membackup foto kamu, Goggle Drive juga dapat membackup data kamu dari Whatsapp. Ya, kamu dapat simpan banyak pesan dan file yang dikirim lewat Whatsapp. Dengan cara tersebut kamu tak perlu khawatir merusak ponsel atau kehilangan data pesan WhatsApp ketika ganti Hp baru.

7. Kamu dapat menjalankan atau mengedit file tersebut.

Misalnya, kalau kamu mempunyai file dalam format atau video dan kamu ingin membukanya, kamu dapat membuka file video dari Google Drive sama seperti yang kamu lakukan di komputer, jadi tak perlu download dahulu.

Sama sepertiu file dokumen yang akan diedit, kamu tak harus mendownload apapun untuk gunakan aplikasi dokumen. Google Drive memiliki aplikasi pengedit dokumen seperti Word, Excel dan Powerpoint. Kamu bisa edit file doc langsung dari Google Drive cuman dengan mengklik file doc. Ini karena Goggle Drive terintegrasi dengan beberapa aplikasi Google lainnya.

8. Sistem keamanan cukup tinggi.

Keamanan dari Google Drive lumayan baik. Misalnya, saat kamu berbagi file dari Google Drive kepada orang lain, kamu bisa memutuskan bahwa hanya orang yang kamu percaya yang bisa buka file tersebut. Selain itu, dua mode tersedia saat akan membagi file: “Dapat Melihat” dan “Dapat Mengedit”. Untuk “dapat melihat”, penerima cuman bisa melihat file saja, dan memerlukan izin dari pemilik aslinya untuk download file tersebut. “Dapat melihat” berarti pengguna penerima dapat mendownload, melihat, dan mengedit file yang dibagikan oleh pengguna pengirim.

Kekurangan Google Drive

1. Sangat bergantung pada jaringan internet

Google Drive memakai sistem cloud, jadi membutuhkan jaringan internet dengan otomatis. Untuk masuk ke Google Drive, perangkat harus tersambung ke internet.

2. Backup data PC kamu masih belum maksimal.

Google Drive merupakan aplikasi pencadangan data secara otomatis yang dapat diakses bahkan dari versi offline di komputer kamu. Sayang sekali, sekarang cuman file foto dan video yang bisa dicadangkan. Di sisi lain, backup data seperti dokumen serta file sejenis tidak dapat dilakukan.


Diatas merupakan beberapa Kelebihan dan Kekurangan Google Drive yang patut untuk diketahui. Dengan artikel ini kami berharap dapat memberi kamu banyak manfaat. Terima Kasih!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *