gui, interface, internet

Apa itu SEO dan SEM? Berikut 6 Perbedaan SEO dan SEM

Loading...

Dalam dunia teknologi, istilah SEO dan SEM tentu tidak asing lagi bagi pengguna website. Sayangnya walaupun istilah ini sering di dengar, masih banyak yang tidak memahami penggunaannya sesuai kebutuhan. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang perbedaan SEO dan SEM sangat penting.

Jika Anda sudah memahami perbedaan keduanya, tentu bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan. Terlebih antara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang sifatnya saling melengkapi.

Penggunaan SEO dan SEM secara Umum

Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing merupakan dua teknik yang digunakan untuk memaksimalkan website dalam mesin pencarian Google. Melalui keduanya, website yang di miliki sebuah perusahaan akan selalu muncul di halaman pertama mesin pencarian.

SEO ataupun SEM sering kali dimanfaatkan oleh pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan begitu, pangsa pasar yang menjadi sasarannya akan mudah terperangkap dalam informasi yang ditulis melalui website.

Lebih dari itu, beberapa pengguna SEO dan SEM justru menjadikannya sebagai modal untuk menambah penghasilan melalui website yang sudah mendaftar di Google Adsense. Semakin banyak pengunjung website, semakin besar kemungkinan pembaca yang bisa menambah dolar.

Apa itu SEO dan SEM? Berikut 6 Perbedaan SEO dan SEM

Perbedaan SEO dan SEM

Karena keduanya sama-sama berperan dalam melakukan optimasi pada mesin pencarian Google, sebagian orang kesulitan membedakan keduanya. Padahal, jika tidak mengetahui perbedaannya, maka penggunaannya menjadi tidak tepat. Beberapa perbedaan SEO dan SEM adalah:

1. Perbedaan Tampilan

Dari segi tampilan, antara SEO dan SEM ini sebenarnya memiliki perbedaan yang sangat mudah. Pada website yang menggunakan teknik SEO, tampilannya pada mesin Google hanya alamat dan judul saja.

Sementara itu pada website dengan teknik SEM, pada halaman yang muncul di pencarian Google akan ada tulisan iklan pada bagian depannya.

2. Perbedaan Biaya Penggunaan

Perbedaan SEO dan SEM selanjutnya yang cukup mencolok adalah dari biaya penggunaannya. Sesuai namanya, SEO menjadikan mesin pencarian Google sebagai tolak panduannya. Jadi, untuk masuk ke halaman utama, pemilik website akan melakukan optimasi sendiri tanpa membayar.

Sedangkan pada SEM, pemilik website akan membayar pemasang iklan. Dengan adanya iklan berbayar, website sangat mudah di temukan oleh pencarian Google. Tetapi biaya yang dibayar cukup tinggi sesuai masa berlaku yang diinginkan.

3. Perbedaan Kecepatan

Optimasi website menggunakan teknik SEO membutuhkan keahlian dan ketelatenan. Orang yang tidak berpengalaman akan kesulitan melakukan optimasi tanpa pengetahuan. Tidak heran jika prosesnya sangat lama tergantung keahlian pemilik website dalam melakukan optimasi.

Loading...

Sebaliknya, jika menggunakan teknik SEM yang membayar iklan, halaman website akan di tampilkan pada halaman utama dengan cepat. Tidak membutuhkan proses menunggu jumlah pengunjung dan optimasi yang sangat lama.

4. Ketepatan

Setiap website memiliki target pembaca masing-masing demi kepentingan pemiliknya. Oleh karenanya, website yang baik adalah yang mampu mengenai sasaran sesuai target yang di inginkan. Pada SEO, target pembacanya adalah masyarakat umum yang mencari sesuai kata kunci website.

Sementara saat membeli iklan pada SEM, Anda bisa memilih target pembaca sesuai kriteria. Misalnya berdasarkan jenis kelaminnya, umur, ataupun lokasi. Ketepatan SEM dalam mencari kriteria pengunjung sangat bermanfaat untuk website yang di gunakan sebagai media bisnis.

5. Masa Berlaku Kualitas Website

Perbedaan SEO dan SEM yang kelima yaitu masa berlakunya dari kualitas sebuah website, Karena optimasi menggunakan teknik SEO menyeluruh pada semua bagian website, kualitasnya akan bertahan lama sesuai keaktifan dan kreativitas pengelolanya. Bahkan jika artikel dalam sebuah website tidak diupdate,pengunjung tetap akan meningkat pada waktu tertentu.

Sementara itu, SEM memiliki kelemahan dari adanya masa berlaku pada kualitas website. Jika masa berlaku iklan habis, maka kualitas website bisa menurun bahkan tidak di temukan pada halaman pertama mesin pencarian Google.

6. Perbedaan Proses

Proses penggunaan teknik SEM jauh lebih mudah, karena pemilik website hanya perlu membayar pengiklan untuk membantu website berada di posisi atas. Sementara pada SEO, prosesnya jauh lebih rumit karena ada banyak kriteria yang harus di penuhi website agar sesuai standar SEO. itulah Perbedaan SEO dan SEM dari segi prosesnya.

Tetapi dengan banyaknya jasa SEO saat ini, proses penggunaan teknik SEO jadi lebih mudah karena bisa menyuruh orang lain untuk mengoptimalkan website yang di miliki.

Lebih Baik Menggunakan SEO atau SEM

Dengan adanya beberapa perbedaan SEO dan SEM, maka keduanya memiliki kelebihan masing-masing yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Jika ingin mempromosikan produk yang bersifat urgen melalui website, teknik yang lebih baik digunakan adalah SEM.

Ini karena SEM mampu menampilkan halaman website ke halaman pertama dengan sangat cepat dan akurat. Namun SEM kurang cocok untuk pengguna website yang memiliki dana terbatas, karena ada biaya yang harus di bayar untuk membeli iklan.

Sementara itu, jika sifat website tidak urgen akan lebih baik jika menggunakan teknik SEO. Proses optimasi yang lama akan memberikan hasil maksimal pada website Anda. Bahkan pengunjung akan tetap berdatangan walaupun website tidak melakukan update terbaru.

Dari beberapa perbedaan SEO dan SEM di atas, dapat disimpulkan bahwa keduanya sama-sama memiliki faktor pembeda yang sangat jelas. Perbedaan ini bersifat saling melengkapi, sehingga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Loading...

Scroll to Top