facebook pixel
TIPS MERAWAT KULKAS - SEIKET DIGITAL CREATIVE

8 Tips Merawat Kulkas Supaya Awet dan Tahan Lama

teknovidia.com – Tips Merawat Kulkas – Kulkas merupakan peralatan dapur yang memiliki fungsi untuk mendinginkan minuman dan makanan. Kebanyakan orang juga menggunakan kulkas sebagai alat penyimpanan agar minuman dan makanan tidak cepat busuk.

Sekarang kulkas menjadi alat yang sangat berharga dan dibutuhkan sekali untuk dirumah. Karena alat ini  bisa mmeberikan bantuan agar makanan tetap terjaga kesegarannya. Tapi, seperti produk elektronik lainnya, jika tidak diberiperawatan yang baik maka akan cepat rusak alias umurnya pendek.

Umur dari alat tidak cuman berlaku pada kulkas dengan harga murah, tetapi juga untuk kulkas dengan kualitas bagus dan mahal, namun kulkas dengan kualitas terbaik dapat dikatakan bertahan lebih lama dari kulkas yang standar.

Dengan hanya mengikuti langkah-langkah di bawah ini, anda berperan aktif dalam mencegah kulkas anda cepat rusak. Yuk simak!

Tips Merawat Kulkas

TIPS MERAWAT KULKAS

1. Tutup kulkas dengan rapat

Lupa menutup kulkas atau tidak menutup pintu dengan rapat mungkin merupakan hal yang sepele, namun dapat membuat kulkas cepat rusak dan mengurangi kesegaran makanan. Tentunya jika pintu kulkas tidak tertutup rapat, kotoran dan kuman bisa masuk dan membuat sarang di dalam kulkas.

Tentunya makanan dan minuman akan terkontaminasi oleh kuman dan kotoran tersebut. Selain itu, jika pintu kulkas tidak ditutup rapat, anda tidak dapat menghemat listrik karena menghabiskan banyak listrik.

2. Bersihkan bagian freezer secara teratur

Pada umumnya kulkas adalah tempat menyimpan makanan dan minuman lebih lama dan tidak mudah busuk. Oleh karena itu, makanan perlu dijaga kebersihannya agar tidak terkontaminasi kuman dan debu.

Tentu anda tidak ingin kuman dan bakteri berkoloni di kulkas anda, bukan? Oleh karena itu, semua bagian kulkas, termasuk bagian freezer, harus diperiksa dan dibersihkan secara rutin.

Anda dapat membersihkan kulkas dengan menyekanya dengan kain lembab. Seperti halnya freezer, saat membersihkan kulkas  ingatlah untuk menonaktifkannya terlebih dahulu. Maka tidak ada kerusakan besar yang akan terjadi.

3. Bersihkan kondensor

Seiring waktu, kotoran-kotoran yang sudah tertumpuk dibagian belakang kulkas sudah jelas akan menumpuk pada bagian kondensor. Maka dari itu, jika anda membersihkannya secara teratur, dapat dibersihkan dalam waktu sekitar 3 bulan.

Pembersihan kondensor yang teratur memastikan udara panas yang keluar dari kondensor tak akan terhalang oleh kotoran tersebut, kulkas bisa beroperasi dengan optimal, dan tak gampang rusak.

Begitu juga sebaliknya, kalau kulkas dibiarkan begitu saja atau bagian kondensor tak dibersihkan, debu dan benda asing dapat menumpuk dan jadi berantakan. Ini akan dengan mudah merusak kulkas anda.

4. Beri jarak antara antara kulkas dan dinding

Saat meletakkan kulkas, jangan letakkan terlalu dekat dengan dinding dan beri sedikit celah agar kondensor dapat mengalirkan udara panas dengan baik. Anda dapat menyisakan jarak sekitar 15-25 cm antara kulkas dan dinding. Memungkinkan udara panas keluar dengan baik sehingga kulkas tidak mudah rusak. Jarak dari dinding ini penting karena berfungsi sebagai ruang sirkulasi udara di dalam kulkas itu sendiri.

5. Bersihkan kulkas secara teratur

Kulkas harus dibersihkan setidaknya setiap dua minggu sekali untuk meminimalkan pertumbuhan bakteri dan bau. Bersihkan kulkas menggunakan sabun yang mengandung antiseptik atau degreaser. Selain itu, gunakan bahan penghilang bau alami seperti vanilla atau kopi untuk menetralkan bau di kulkas anda.

6. Simpan makanan secukupnya

Makanan yang disimpan di kulkas harus terisi penuh. Jangan memenuhi makanan secara berlebihan. Menyimpan terlalu banyak makanan di kulkas menyebabkan kontaminasi. Juga, jangan menyimpan terlalu banyak botol soda di kulkas. Hal ini karena kulkas dapat rusak akibat beban yang terlalu berat.

7. Jangan menyimpan makanan dan minuman yang panas

Jika menyimpan minuman dan makanan dalam keadaan masih panas akan membuat kulkas bekerja dengan berat, sehingga komsumsi listrik makin banyak dan boros. Dan juga jika sering menyimpan minuman dan makanan panas bisa dengan gampang merusak kulkas dikarenakan pengoperasian yang berulang-ulang.

Untuk menghindarinya, minuman dan makanan panas bisa di diamkan dulu supaya suhu sudah mulai dingin baru setelah itu bisa dimasukkan ke kulkas.

8. Tutup pintu kulkas perlahan

Inilah yang tak jarang terjadi dan tidak disadari oleh pemilik kulkas. Anda juga sering melakukannya? Jika anda sering menutup pintu kulkas dengan kasar maka akan mengakibatkan masalah serius terjadi.

Ini bisa terjadi karena jika menutup pintu kulkas dengan keras terjadi tekanan pada kulkas yang emiliki beban makanan dan minuman didalamnya. Karet pintu kulkas juga bisa aus seiring waktu dan bisa berakibat kulkas tidak bisa tertutup rapat. Maka dari itu, tuutplah pintu kulkas secara pelan-pelan dan halus.


Sekian beberapa Tips Merawat Kulkas yang bisa membuat alat itu awet dalam jangka waktu yang panjang. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan terima kasih…