facebook pixel
PERBEDAAN WHATSAPP GROUP DAN COMMUNITY - SEIKET DIGITAL CREATIVE

6 Perbedaan Whatsapp Group dan Community (Komunitas)

teknovidia.com – Perbedaan Whatsapp Group dan Community – Whatsapp telah resmi meluncurkan Komunitas Whatsapp (Whatsapp Community) untuk semua pengguna. Sebelumnya, komunitas Whatsapp hanya dalam tahap uji coba untuk segmen terbatas.

FYI, Whatsapp Community adalah fitur yang menghubungkan pengguna Whatsapp ke dalam grup-grup kecil. Fungsionalitasnya mirip dengan Grup Whatsapp, tetapi dengan lebih banyak keserbagunaan. Pada prinsipnya, komunitas Whatsapp merupakan “payung besar” yang menyatukan dari beberapa grup Whatsapp dalam satu komunitas yang sama.

Akan tetapi, terdapat beberapa perbedaan paling mendasar antara Whatsapp Community dan Whatsapp Group. Berikut di bawah ini beberapa perbedaannya. Yuk simak ya!

PERBEDAAN WHATSAPP GROUP DAN COMMUNITY

1. Keanggotaan

Grup WhatsApp dapat menampung hingga 512 anggota. Di grup WhatsApp, anggota adalah kontak pribadi yang dapat ditambahkan oleh admin. Namun berbeda dengan Komunitas WhatsApp yang telah memiliki konsep yang sedikit berbeda dengan grup WA biasa. Sebenarnya kedua komunitas tersebut memiliki admin, namun anggota komunitas WhatsApp adalah jug anggota grup di WhatsApp. Jadi bukan cuman kontak telepon biasa ya guys.

Dimulai dengan The Verge, fitur komunitas ini sebenarnya di desain untuk mengakomodasi beberapa kelompok yang terkait dalam organisasi yang memiliki anggota yang lebih banyak sekali, seperti lingkungan tempat tinggal atau tempat anda bekerja.

2. Interaksi

Untuk dalam hal interaksi, grup WhatsApp memiliki lebih banyak kebebasan jika dibandingkan dengan grup WA. Tentunya setiap anggota grup WhatsApp bebas mengirim dan membalas pesan antar anggotan di grup WhatsApp. Namun, ini tidak berlaku untuk fitur komunitas WhatsApp yang baru dikeluarkan oleh WA ini.

Di komunitas WhatsApp, hanya admin yang memiliki izin untuk mengirim pesan didalam komunitas. Interaksi dalam masyarakat sebenarnya sangat sepihak. Alhasil, komunitas WhatsApp sebenarnya lebih cocok untuk presentasi tanpa interaksi sama sekali.

3. Buat grup dan komunitas

Siapa pun bisa saja membuat grup WhatsApp. Siapa saja bisa membuat grup WhatsApp dan menambahkan kontak ke grup itu sendiri, dengan syarat asalkan nomor yang digunakan sudah terdaftar di WhatsApp. Jika belum bisa daftarkan nomor ke Whatsapp terlebih dahulu.

Sedangkan bagi masyarakat, konsep ini membuat mereka sedikit lebih selektif. Untuk buat komunitas di aplikasi WhatsApp, kontak yang anda gunakan harus jadi seorang admin beberapa grup terlebih dahulu. Administrator kemudian bisa kumpulkan atau tambahkan grup yang mereka kelola ke dalam komunitas yang dibuat.

4. Tinggalkan kelompok dan komunitas

Konsep keanggotaan grup WhatsApp diambil dari kontak pribadi yang ditambahkan oleh administrator. Jadi, jika anda memilih keluar dari grup, anda tidak akan lagi terhubung ke grup.

Karena konsep anggota komunitas adalah gabungan dari grup WhatsApp, keluar dari grup juga menjadi salah satu perhatian. Tapi ternyata tidak. Ketika anda meninggalkan komunitas, anda hanya meninggalkan komunitas itu. Anda akan tetap menjadi anggota grup kecuali anda memilih untuk keluar dari grup ktu sendiri. Jadi tidak terhubung sama sekali.

5. Administrasi

Untuk membuat grup WhatsApp, anda dapat mengakses opsi “Grup Baru” di menu Buat Pesan Baru. Kemudian cukup tambahkan anggota dari kontak anda di ponsel cerdas anda. Menghapus grup membutuhkan usaha. Menghapus grup WhatsApp dapat dilakukan oleh administrator dengan terlebih dahulu menghapus anggotanya satu per satu.

Sementara itu, membuat komunitas WhatsApp hanya dapat dilakukan oleh admin dengan mengakses opsi “Mulai Komunitas” di tab “Komunitas”. Di paling kiri adalah ikon “3 Kontak”. Untuk menghapus, dari pada menghapus anggota satu per satu, administrator dapat langsung menghapus atau menonaktifkan komunitas yang dibuat melalui tab “Komunitas”. Jadi komunitas sedikit lebih cepat tahapannya untuk menghapus.

6. Secara fungsional

Anda dapat menggunakan grup WhatsApp untuk :

  • Gabungkan kontak yang dikenal ke dalam satu percakapan
  • Terhubung dengan teman dan keluarga

Anda dapat menggunakan Komunitas WhatsApp untuk :

  • Kumpulkan beberapa grup terkait ke dalam wadah
  • Penyimpanan pengumuman dalam wadah khusus untuk pengumuman
  • Terhubung dengan sekolah, lingkungan sekitar, kelas, dll. dengan kontainer

Nah itulah beberapa Perbedaan Whatsapp Group dan Community. Gunakanlah mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk para pembaca. Terima Kasih!

3 komentar untuk “6 Perbedaan Whatsapp Group dan Community (Komunitas)”

  1. Докажи что человек не только биологический но и
    социальное существо. Тест психология личности
    с ответами. Конспект 1 младшая группа.
    Когда о человеке можно сказать что он личность обществознание 6 класс кратко.
    Какие качества характеризуют личность 6 класс обществознание кратко ответы.
    Какой может быть образ.

  2. Виды информации по форме представления бывают.
    Связь специальной психологии с
    социологией. Idrlabs com на русском. Высшей ступенью человеческого познания является. Приятное волнение
    это. Какое понятие древней греции соответствовало определению искусство
    управления государством тест.
    Мой кинн тест. Определить свой психотип тест.

  3. Качества синонимы. Для рационального познания характерно в первую.

    Квиз ком тесты. К чему снятся зеленые волосы. В чем заключается самый важный признак человека.
    Воспоминания фильм 2021 отзывы. Полноценный человек это.
    Там вероятно все теперь в цвету.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *