facebook pixel
CARA MEMPERBAIKI KIPAS GANTUNG YANG MATI - SEIKET DIGITAL CREATIVE

4 Cara Memperbaiki Kipas Gantung yang Mati atau Rusak

teknovidia.com – Cara Memperbaiki Kipas Gantung yang Mati – Ada banyak jenis kipas angin yang ada di pasaran yang biasa ditemukan di banyak rumah. Salah satunya ialah kipas gantung dan anda mungkin juga memilikinya. Seperti alat teknologi yang lain, kipas angin mempunyai ‘usia’ yang tampaknya sesuai dengan tingkat kemampuannya jika digunakan secara konsisten.

Namun dengan perawatan yang hati-hati hal ini dapat diminimalkan, namun masalahnya terletak pada plafon yang tentunya membuat perawatan atau pembersihan kipas plafon menjadi sulit.

Apa itu kipas angin?

CARA MEMPERBAIKI KIPAS GANTUNG YANG MATI

Kipas angin adalah salah satu jenis peralatan elektronik yang menghasilkan udara yang lebih dingin atau sejuk di dalam ruangan. Kerja kipas angin sendiri berasal dari energi listrik, sehingga berubah menjadi energi magnet.

Energi magnet ini menggerakkan motor untuk memutar baling-baling, yang menurunkan suhu ruangan.

Kipas angin juga hadir dalam beberapa tipe yang tak sedikit tersedia dan ada di pasaran. Selain kipas gantung ada juga kipas angin duduk. Kipas angin duduk relatif lebih gampang untuk dirawat dari pada dengan kipas angin gantung yang umumnya dipasang di ruangan utama dan luas.

Kipas angin gantung umumnya menjadi pilihan orang karena desainnya yang unik dan bisa memperindah sebuah ruangan. Selain menjaga sirkulasi udara yang ada di dalam ruangan, fungsi estetik kipas angin plafon juga bisa diandalkan.

Namun sayang, bisa saja mengalami kesulitan untuk menemukan cara memperbaiki kipas gantung yang mati atau rusak. Ada banyak sekali jenis kerusakan kipas, mulai dari kipas yang mati total hingga putaran kipas yang lambat sampai udara panas.

Di antara jenis kerusakan tersebut, kipas mati total merupakan salah satu bencana kecelakaan. Daripada membeli kipas angin yang baru, anda dapat mengidentifikasi dulu apa penyebab dan cara mengatasi kipas angin gantung yang rusak, apalagi jika kipas angin gantung yang sudah mati total.

Penyebab kegagalan kipas

Sebelum membaca pemahaman cara memperbaiki kipas angin yang mati total, alangkah baiknya tahu apa saja yang menyebabkan kipas angin rusak atau mati. Terdapat bermacam kondisi yang dapat menyebabkan kipas angin gantung tidak berfungsi, antara lain :

  • Busing kipas sudah aus.
  • Terjadi hubung singkat pada belitan motor.
  • Kipas terlalu panas.
  • Kipas kotor dan debu sehingga menyumbat mesin.

Cara Memperbaiki Kipas Gantung yang Mati

CARA MEMPERBAIKI KIPAS GANTUNG YANG MATI

Maka bersama dengan alat yang diperlukan, anda memerlukan peralatan yang tepat untuk membantu anda dalam proses menata kipas angin gantung anda.

  • Tangga berdiri
  • Kain lap bersih
  • Obeng
  • Meteran
  • Klip Penyeimbang bilah kipas angin gantung

Kipas gantung lebih sulit dirawat daripada jenis kipas lainnya, dan mengingat dipasang di gantung dan berukuran cukup besar, tentunya berbahaya jika tidak dirawat dengan baik.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat kipas angin di rumah anda :

1. Bersihkan debu pada bilah kipas

Karena penggunaan untuk sirkulasi udara dalam ruangan, kipas tak jarang jadi sarang debu, dan lama-lama debu ini tertumpuk sehingga menyebabkan generator bekerja lebih berat pada kipas dan memperpendek umur kipas. Oleh karena itu, sangat penting untuk secara teratur bersihkan debu yang tertempel pada baling-baling untuk memperpanjang umur kipas angin.

2. Periksa semua baut pada kipas

Setelah kipas dibersihkan, jangan sampai lupa untuk memeriksa beberapa bagian kipas. Selama proses penggunaan jangka waktu yang panjang, kondisi kipas angin tak akan sama seperti ketika masih pertama kali kipas dibeli. Dan umumnya masalahnya berasal dari sekrup yang longgar. Dan untuk perbaikinya, ambil obeng yang telah anda siapkan dan kencangkan sekrup pada tiap bagian kipas angin.

3. Periksa keseimbangan bilah kipas

Periksalah keseimbangan dari baling-baling memakai meteran atau alat pengukur yang lain. Ukur dari gantung ke bilah kipas. Kalau ada bagian yang tak pas dengan baling-baling, lipat pelan-pelan baling-baling ke atas dan ke bawah agar berada diposisi semula.

4. Periksa pemberat kipas

Langkah yang terakhir ialah memeriksa pemberat kipas gantung. Hidupkan dulu kipas gantung dan jika ada goyangan, matikanlah kipas lalu periksa pemberatnya. Kemudian sambungkan kembali atau lepas pendulum hingga kipas tidak lagi bergetar dan kipas yang digantung dapat berputar seperti sedia kala.


Sekian artikel yang menjelaskan tentang Cara Memperbaiki Kipas Gantung yang Mati dan rusak beserta penyebabnya. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Terima Kasih!

1 komentar untuk “4 Cara Memperbaiki Kipas Gantung yang Mati atau Rusak”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *